Macam - Macam Cemilan Khas Garut

http://oleholehgarut.com/
Oleh Oleh Garut Harus diakui bahwa kota Garut ini memiliki segudang makanan yang luar biasa. Disamping kota Garut ini terkenal dengan tempat-tempat wisatanya yang menarik kota Garut ini juga banyak dikenal wisatawan dengan oleh-oleh dan makanan khasnya yaitu Opak Dorokdok dan Kerupuk Kulit.

Opak Bungbulang memiliki keistimewaan yang berbeda dengan daerah lainnya keitimewaan Opak Bungbulang ini terletak pada rasa cara pembuatannya dan bentuknya yang lebih menarik dibanding opak dari daerah lainnya. Mempertahankan cita rasa yang khas dan unique membuat oleh-oleh Bungbulang hingga kini masih tetap berproduksi bahkan oleh-oleh Bungbulang cukup dikenal luas baik di wilayah Jawa Barat bahkan katanya oleh-oleh Bungbulang play on words mempunyai pasar di beberapa wilayah luar Jawa. Bungbulang adalah nama daerah yang berada di kota Garut Jawa Barat.

Seperti umumnya opak Opak Bungbulang terbuat dari bahan beras ketan saripati kelapa dan garam secukupnya. Cara membakarnya persis membakar satiate yang harus dibolak-balik agar opak terbakar secara merata. Opak dianggap telah masak jika sudah terlihat menguning dan mengembang. Opak Bungbulang memiliki rasa yang enak dan renyah. Harga opak garut terbilang sangat murah yaitu sekitar Rp. 15.000 perkemasan.

Sedangkan Dorokdok dan Kerupuk kulit adalah makanan tradisional khas Garut memiliki rasa khas renyah pokoknya gak ada duanya. Kedua jenis cemilan ini hampir sejenis bedanya hanya di racikan bumbu serta bahan dasarnya. Jika kerupuk kulit terbuat dari kulit kerbau yang diberi bumbu ketumbar bawang putih kunir asam jawa dan gula merah. Maka dorokdok terbuat dari kulit sapi pilihan diolah dengan cara yang sama yaitu kulit mentah direbus dijemur menjadi kulit yang siap digoreng. Expositions pengerjaannya cukup lama berkisar antara lima hari sampai satu minggu.

Kini berbagai rasa kerupuk kulit dan dorokdok dijajakan di berbagai toko penjual oleh-oleh Garut seperti rasa unique manis asin gurih dan pedas. Kerupuk kulit dan dorokdok rasa pedas cukup banyak diminati. Untuk harga kerupuk kulit seberat 250 gr dibandrol sekitar harga Rp.8.000- Sedikit berbeda dengan harga satu kemasan dorokdok seberat 250 gr yakni Rp. 12.000- . Harga yang masih terjangkau. Kerupuk kulit dan dorokdok Garut tersedia dalam berbagai ukuran kemasan dengan harga bersaing.

Pemesanan : 081322542369

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelebihan Dodol Garut dan Chocodot Garut

Chocodot Asli Garut Yang Wajib Anda Coba