5 Oleh Oleh Garut Terpopuler

http://oleholehgarut.com/
Tiap daerah pasti punya oleh-oleh khas yang unik. Karena itu setiap kali kita berkunjung ke suatu daerah pasti ingin cari oleh-oleh, baik untuk dinikmati sendiri ataupun untuk diberikan kepada kerabat ataupun teman. Meskipun kota ini kecil, akan tetapi memiliki sejuta keunikan dan keragaman yang terkenal se Indonesia.

Demikian pula dengan Garut yang meskipun kotanya tidak terlalu besar namun ada banyak objek wisata, makanan serta oleh-oleh khas Garut yang jangan sampai dilewatkan. Untuk itu anda perlu mengetahui beberapa oleh oleh garut yang terkenal populer, berikut ulasannya :

Dorokdok & Kerupuk Kulit

Garut merupakan salah satu centra penghasil kerajinan kulit terbesar di Indoenesia, selain kulit tersebut dibuat menjadi kerajinan tangan seperti jaket, tas, sepatu, dan lain-lain. Kulit tersebut dibuat juga sebagai makanan seperti kerupuk kulit dan dorokdok, kerupuk kulit terbuat dari kulit kerbau sedangkan dorokdok terbuat dari kulit sapi.

Itulah 5 Oleh-Oleh Khas Garut yang Wajib Diburu yang sudah kami rangkum untuk anda, sebenarnya masih banyak lagi oleh-oleh khas Garut yang lainnya. Tunggu update'an artikel selanjutnya.

Buka Juga Mengenai Tempat Oleh Oleh Garut Terlengkap

Rangginang

Ranginang atau rangginang merupakan makanan khas Garut yang terbuat dari bahan ketan yang setelah dikukus, dibumbui, dibentuk bulat kemudian dijemur selama berhari-hari. Setelah benar-benar kering barulah digoreng ulang sehingga hasilnya cemilan garing kriuk-kriuk.

Rangginang di Garut bisa ditemukan di berbagai toko oleh-oleh, ada yang sudah digoreng namun ada juga yang masih mentah dan harus digoreng sendiri. Saat ini sudah banyak varian rasa rangginang yang juga berwarna-warni.

Opak Bungbulang

Cemilan yang satu ini sejenis kerupuk khas Sunda, Jawa Barat. Bahan dasarnya adalah tepung yang dicampur bumbu, gula, garam kemudian dicampur air sehingga menjadi adonan yang lunak. Setelah dibuat lembaran tipis kemudian dijemur hingga kering dan dibakar di atas perapian.

Opak yang terkenal di Garut adalah Opak Bungbulang yang merupakan nama kecamatan di bagian selatan Garut. Tapi tidak perlu jauh-jauh ke sana kalau mau beli opak, sudah ada di toko oleh-oleh mana saja diGarut/Cipanas.

Chocodot

Dodol Garut kemudian di kembangkan oleh anak muda asal Garut, dengan membuat Chocodot yaitu coklat isi dodol, dimana dodol khas garut dibalut dengan coklat, Chocodot merupakan makanan khas Garut yang baru-baru ini berkembang dan menjadi oleh-oleh khas kota Garut Jawa Barat.

Dodol Garut Picnic

Garut memang identik dengan dodolnya, tak lengkap jika kita sedang berkunjung ke Garut kalau tidak membawa pulang oleh-oleh dodol khas Garut ini. Dodol garut merupakan cemilan khas Sunda dari kota Garut Jawa Barat. Terdapat banyak jenis dodol Garut yang bisa kita temui disana, diantaranya dodol wijen, dodol dodol kacang, aneka dodol buah seperti dodol nanas, dodol nangka, dodol mangga, dodol durian, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya ada banyak sekali merk atau jenis dodol Garut yang bisa didapatkan di hampir seluruh penjuru kota Garut & Cipanas. Tapi, salah satu merk dodol yang paling terkenal dan sudah ada dari dulu adalah Dodol Picnic.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelebihan Dodol Garut dan Chocodot Garut

Macam - Macam Cemilan Khas Garut

Chocodot Asli Garut Yang Wajib Anda Coba